Makiyyah dan
Madaniyah
Mohamad Guntur Ardi Agung
UIN Maulana
Malik Ibrahim Malang, Jl. Gajayana No. 50 Malang
e-mail :
gunturrarema354@gmail.com
الملخّص
هذا الكتاب يبحث خصوصاً في أيات وسور المكي والمدني التي
اعتقاد إلينا على ارتفاع وابتكار من القرأن، كلها بداية من غالب اهتمام المسلمين
مند نزل الأشياء الذي تعلّق بالقرأن، بل أشياء بإسهاب، منه نماذج العلماء في تعريف
المكي والمدني، أمثال الذي يدلّ المكي والمدني، ضوابط الذي يدلّ المكي والمدني،
والقوائد الذي يستعمل العلماء لتثبيت المكي والمدني، والفوائد التي نأخذ منها في
دروس المكي والمدني، كذلك قد يبحث في هذا الكتاب
Abstrak
Tulisan ini secara khusus mengkaji
ayat-ayat dan surat-surat Makkiyah dan Madaniyah sebagai keyakinan kita
terhadap kebesaran dan keaslian Al-Qur’an, yang semua itu berangkat dari
besarnya antusias umat Islam sejak turunnya beberapa hal yang berkaitan dengan
Al-Qur’an, bahkan hal-hal yang sangat mendetail, diantaranya paradigma para
Ulama’ dalam mendefinisikan ayat-ayat Makkiyah dan Madaniyah, beberapa contoh
yang menunujukkan bahwa ayat tersebut adalah Makkiyah atau Madaniyah,
karakteristik yang menunjukkan ayat-ayat Makkiyah dan Madaniyah, kaidah-kaidah
yang digunakan para Ulama’ untuk menentukan bahwa ayat tersebut merupakan
Makkiyah atau Madaniyah, serta Faedah yang bisa kita ambil dalam mempelajari
Makkiyah dan Madaniyah, yang semua itu telah dituangkan
didalam tulisan ini
Kata kunci :
Makkiyah, Madaniyah
Pendahuluan
Tidak diragukan lagi bahwa Al Qur’an
adalah pedoman utama (Masdar Awwal)
syariat Islam yang menjamin kemaslahatan dan keselamatan umat di dunia dan
akhirat, yang mana Allah S.W.T telah menjamin keaslian Al Qur’an sesuai wahyu
yang diterima Nabi Muhammad S.A.W sehingga Al Qur’an tidak dapat dicampuri
kebatilan sedikitpun, “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al-Qur’an, dan
sesungguhnya kami benar-benar memeliharanya”[1].
Serta didalamnya mencakup perintah Allah S.W.T, larangan Allah S.W.T, dan
beberapa cerita para Nabi dan Rasul, orang-orang sholih, surga, neraka, keadaan
hari kiamat yang tidak diragukan lagi kebenarannya, dan berbagai macam cabang
ilmu yang terkandung didalam ayat-ayat Al-Qur’an terdiri atas dua kategori ayat
yaitu Makkiyah dan Madaniyah.
Makkiyah
dan Madaniyah merupakan kategori untuk memudahkan dalam mengenal kronologi
ayat-ayat yang ada didalam Al-Qur’an, dimana keduanya memiliki karakteristik
masing-masing dengan melalui beberapa kaidah dari pendapat para Ulama’ untuk
mengetahui karakteristik tersebut, sehingga akan tampak manakah ayat-ayat
Makkiyah dan manakah ayat-ayat Madaniyah. Disamping itu terdapat pula beberapa
faedah yang terkandung dalam ayat-ayat Makkiyah dan Madaniyah sebagai bekal
metode untuk melaksanakan strategi dakwah sesuai dengan konteks pembahasan dan
memahami intisari ayat tersebut
Pengertian dan Contoh ayat-ayat Makkiyah dan
Madaniyyah
Makiyyah dan
Madaniyyah merupakan
istilah dari dua kata sifat-nisbiyah yang berasal dari kata-kata
Mekkah dan Madinah. Dalam Al Qur’an istilah ini dipakai pada surat-suratnya
atau pada ayat-ayatnya. Adapun munculnya istilah Makiyyah dan Madaniyyah itu terjadi pada masa setelah wafatnya Rasulullah
S.A.W, sedangkan selama beliau masih hidup tidak pernah menetapkan surat-surat
atau ayat-ayat mana yang termasuk kategori Makkiyyah ataupun Madaniyyah.
Menurut masa turunnya surat-surat Al-Qur’an yang berjumlah 114 surat dan 6236
ayat itu terbagi dua bagian, diantaranya
1.
Surat-surat Makkiyah, yaitu
surat-surat yang diturunkan sebelum Nabi hijrah ke Madinah, yang diperkirakan
berlangsung selama 12 tahun 5 bulan 13 hari yakni sejak awal mulanya Nabi
Muhammad S.A.W diangkat menjadi Rasul sampai dengan waktu beliau diperintahkan
untuk hijrah
2.
Surat-surat Madaniyah, yaitu
surat-surat yang diturunkan setelah Nabi Muhammad S.A.W hijrah ke Madinah, yang diperkirakan
berlangsung selama 9 tahun 9 bulan 9 hari, yakni awal mula kedatangan beliau di
Madinah sampai dengan turunnya ayat terakhir surat Al Maidah ayat 3, ketika
beliau menunaikan Haji Wada’ pada tahun 9 Hijriyyah[2]
Dari penjelasan
diatas, menunjukkan bahwa turunnya Al-Qur’an dalam periode sebelum Nabi
Muhammad S.A.W hijrah itu lebih lama dari pada periode sesudah beliau hijrah.
Karena setelah beliau diangkat menjadi Rasul, beliau lebih lama tinggal di
Mekkah daripada tinggal di Madinah. Dengan demikian merupakan hal yang wajar
apabila surat-surat Makkiyah jumlahnya lebih banyak daripada surat-surat
Madaniyah. Adapun perinciannya sebagai berikut :
a.
Makkiyah : 86 surat = kira-kira
2/3 dari seluruh Al-Qur’an = 4779 ayat atau lebih kurang ¾ dari jumlah seluruh
ayat-ayat Al-Qur’an.
b.
Madaniyah : 26 surat = kira-kira
1/3 dari seluruh Al-Qur’an = 1456 ayat atau lebih kurang ¼ saja dari jumlah
seluruh ayat-ayat Al-Qur’an[3]
Dari situlah
kemudian sebagian para Ulama’ berpendapat tentang klasifikasi Makkiyyah dan
Madaniyyah diantaranya :
1.
Sebagian dari mereka menetapkan
lokasi turunnya ayat atau surat sebagai dasar untuk menentukan Makiyyah dan
Madaniyyah, sehingga mereka membuat suatu pengertian bahwa Makkiyah dan
Madaniyyah adalah :
المكيّ ما نزل بمكّة ولو بعد الهجرة،
والمدنيّ ما نزل بالمدينة
“Makky ialah yang turun di Mekkah, walaupun
sesudah hijrah, dan Madaniyah ialah yang diturunkan di Madinah”
Akan
tetapi pengertian tersebut diatas tidak begitu kuat, karena dalam pengertian
itu yang dikatakan ayat dan surat Makkiyah ataupun Madaniyyah hanya mencakup
yang turun di wilayah Mekkah dan madinah saja, sedangkan dalam ayat lain ada
yang diturunkan di luar wilayah Mekkah dan Madinah, seperti yang terdapat
disurat Az Zuhruf ayat 45 yang turun di daerah Tabuk
2.
Pendapat Ulama’
yang lain yaitu mereka menetapkan orang dan golongan dalam sebutan ayat sebagai
kriteria untuk menentukan Makiyyah dan Madaniyyah, sehingga mereka menyatakan
bahwa
المكي ما وقع خطابا لأهل مكة، والمدني
ما وقع خطابا لأهل المدينة
“Makky ialah yang menjadi Khithab kepada
penduduk mekkah, dan Madany ialah yang menjadi Khithab bagi penduduk Madinah”
Dari
pengertian tersebut, menjelaskan bahwa apabila ayat atau surat yang diawali dengan
lafadz (يأيّها
الناس) adalah
Makiyyah. Karena umumnya waktu itu penduduk Mekkah masih kafir, meskipun
terkadang seruan itu ditujukan pula kepada selain penduduk Mekkah. Sedangkan
ayat atau surat yang diawali dengan lafadz
(يأيّها الذين أمنوا) adalah Madaniyyah. Karena umumnya waktu itu penduduk Madinah
umumnya sudah menjadi orang Iman, meskipun terkadang seruan itu ditujukan
kepada selain penduduk Madinah. Akan tetapi pengertian ini pada akhirnya juga
tidak kuat , karena :
A.
Tidak selalu
ayat atau surat diawali dengan panggilan ياأيّها الناس atau يأيّها الذين أمنوا seperti yang terdapat disurat Al Ahzab, At Tholaq, At Tahrim yang
diawali dengan panggilan lafadz النّبي يأيها
B.
Tidak selalu
ayat atau surat yang
diawali dengan panggilan ياأيّها النّاس adalah
Makiyyah. Begitu juga sebaliknya tidak selalu ayat atau surat yang diwali
dengan panggilan ياأيّها الذين
آمنوا adalah Madaniyah. Seperti yang terdapat disurat An Nisa’ ayat 1,
dan surat Al Baqoroh ayat 20 dengan lafadz يأيها
النّاس
padahal kedua surat tersebut merupakan Madaniyah, dan sebaliknya
disurat Al Hajj ayat 77 yang merupakan Makiyyah tertulis lafadz ياأيّها
الذين أمنوا [4]
3.
Sebagian Ulama’
berpendapat bahwa yang disebut Makiyyah dan Madaniyyah itu ditetapkan melalui
waktu diturunnya ayat atau surat tersebut, sehingga mereka menyimpulkan bahwa :
المكي : ما نزل على النّبي صلى الله عليه
وسلّم قبل هجرته الى المدينة، والمدني ما نزل على النّبي صلى الله عليه وسلّم بعد
هجرته الى المدينة
"Yang disebut sebagai ayat
Makiyyah adalah ayat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad S.A.W sebelum beliau
hijrah ke Madinah. Sedangkan ayat Madaniyyah adalah ayat yang diturunkan kepada
Nabi Muhammad S.A.W setelah beliau hijrah ke Madinah"[5]
Di kalangan
Ulama’ pendapat ini yang paling Masyhur (populer). Karena pendapat ini
mengandung pembagian Makkiyah dan Madaniyyah secara tepat sesuai waktu
diturunkannya ayat atau surat kepada Rasulullah S.A.W baik sebelum beliau
hijrah maupun sesudah beliau hijrah, sehingga menurut pengertian ini, maka
surat Al Maidah ayat 3 digolongkan sebagai Madaniyyah, walaupun ayat tersebut
diturunkan kepada Rasulullah S.A.W di Arafah ketika beliau melaksanakan haji
Wada’ tahun 9 Hijriyyah, sebagaimana yang telah di riwayatkan dalam Hadist
Shohih Al Bukhori berbunyi
عن
عمر رضى الله عنه أنه قال : قد عرفنا ذلك اليوم، والمكان الذي نزلت فيه على النّبى
صلى الله عليه وسلّم، نزلت وهو قائم بعرفة يوم جمعة [6]
Kemudian
mengenai tentang contoh manakah yang disebut surat Makkiyah dan manakah yang
disebut surat Madaniyah dalam Mushaf tertulis bahwa jumlah surat yang
diturunkan di Makkah sejumlah 86, sedangkan surat yang diturunkan di Madinah
sejumlah 28. Berikut ini paparan tentang beberapa surat Makkiyah dan Madaniyah
menurut tertib turunnya[7]
1. Makkiyah
1
|
Al Fatehah
|
47
|
Nuh
|
2
|
Al An’am
|
48
|
Al Jin
|
3
|
Al A’rof
|
49
|
Al Muzammil
|
4
|
Yunus
|
50
|
Al Mudattsir
|
5
|
Hud
|
51
|
Al Qiyamah
|
6
|
Yusuf
|
52
|
Al Mursalat
|
7
|
Ibrahim
|
53
|
An Naba’
|
8
|
Al Hijr
|
54
|
An Nazi’at
|
9
|
An Nahl
|
55
|
Abasa
|
10
|
Al Isro’
|
56
|
At Taqwir
|
11
|
Al Kahfi
|
57
|
Al Infithor
|
12
|
Maryam
|
58
|
Al Muthofifin
|
13
|
Toha
|
59
|
Al Insyiqoq
|
14
|
Al Anbiya’
|
60
|
Al Buruj
|
15
|
Al Mu’minun
|
61
|
At Thoriq
|
16
|
Al Furqon
|
62
|
Al A’laa
|
17
|
As Syuaro’
|
63
|
Al Ghosyiyah
|
18
|
An Naml
|
64
|
Al Fajr
|
19
|
Al Qoshos
|
65
|
Al Balad
|
20
|
Al Ankabut
|
66
|
As Syamsi
|
21
|
Ar Rum
|
67
|
Al Lail
|
22
|
Luqman
|
68
|
Ad Dhuhah
|
23
|
As Sajadah
|
69
|
As Syarh
|
24
|
Saba’
|
70
|
At Thin
|
25
|
Fathir
|
71
|
Al Alaq
|
26
|
Yasin
|
72
|
Al Qodr
|
27
|
As Shofat
|
73
|
Al ‘Adiyat
|
28
|
Shod
|
74
|
Al Qori’ah
|
29
|
Az Zumar
|
75
|
At Takatsur
|
30
|
Ghofir
|
76
|
Al ‘Ashr
|
31
|
Fushilat
|
77
|
Al Humazah
|
32
|
As Syuro
|
78
|
Al Fiil
|
33
|
Az Zukhruf
|
79
|
Quraisy
|
34
|
Ad Dukhon
|
80
|
Al Ma’un
|
35
|
Al Jatsiya
|
81
|
Al Kautsar
|
36
|
Al Ahqof
|
82
|
Al Kafirum
|
37
|
Qof
|
83
|
Al Masad
|
38
|
Ad Dzariyat
|
84
|
Al Ikhlas
|
39
|
At Thur
|
85
|
Al Falaq
|
40
|
An Najm
|
86
|
An Naas
|
41
|
Al Qomar
|
|
|
42
|
Al Waqi’ah
|
|
|
43
|
Al Mulk
|
|
|
44
|
Al Qolam
|
|
|
45
|
Al Haqqo
|
|
|
46
|
Al Ma’arij
|
|
|
2. Madaniyyah
1
|
Al Baqoroh
|
15
|
Al Hadid
|
2
|
Ali Imron
|
16
|
Al Mujadalah
|
3
|
An Nisa’
|
17
|
Al Hasyr
|
4
|
Al Maidah
|
18
|
Al Mumtahanah
|
5
|
Al Anfal
|
19
|
As Shof
|
6
|
At Taubah
|
20
|
Al Jumu’ah
|
7
|
Ar Ro’du
|
21
|
Al Munafiqun
|
8
|
Al Hajj
|
22
|
At Taghobun
|
9
|
An Nur
|
23
|
Ath Thalq
|
10
|
Al Ahzab
|
24
|
At Tahrim
|
11
|
Muhammad
|
25
|
Al Insan
|
12
|
Al Fath
|
26
|
Al Bayyinat
|
13
|
Al Hujurot
|
27
|
Az Zalzalah
|
14
|
Ar Rohman
|
28
|
An Nashr
|
Namun, menurut Ibnu Hashshar dalam kitab An Nasikh wal
Mansukh, beliau menyatakan bahwa surat yang disepakati turunnya di Madinah
sejumlah 20 surat, diantaranya yaitu[8] :
1
|
Al Baqarah
|
11
|
Al Hujurat
|
2
|
Ali Imron
|
12
|
Al Hadid
|
3
|
An Nisa’
|
13
|
Al Mujadalah
|
4
|
Al Maidah
|
14
|
Al Hasyr
|
5
|
Al Anfal
|
15
|
Al Mumtahanah
|
6
|
At Taubah
|
16
|
Al Jum’ah
|
7
|
An Nur
|
17
|
Al Munafiqun
|
8
|
Al Ahzab
|
18
|
Ath Thalq
|
9
|
Muhammad
|
19
|
At Tahrim
|
10
|
Al Fath
|
20
|
An Nashr
|
Sedangkan yang diperselisihkan ada dua belas surat,
yaitu[9] :
1
|
Al Fatihah
|
7
|
Al Qadr
|
2
|
Ar Ro’du
|
8
|
Al Bayyinah
|
3
|
Ar Rahman
|
9
|
Az Zalzalah
|
4
|
Ash Shaff
|
10
|
Al Ikhlas
|
5
|
At Taghabun
|
11
|
Al Falaq
|
6
|
Al Muthafifin
|
12
|
An Nas
|
Kaidah-Kaidah Dalam Mengetahui Makkiyah Dan Madaniyyah
Untuk mengetahui dan
menentukan Makkiyah dan Madaniyah, para ulama’ bersandar pada dua cara utama
yaitu : Sima’I naqli (pendengaran apa adanya) dan qiyasi ijtihadi
(bersifat ijtihad). Cara pertama didasarkan pada riwayat shahih dari para
shahabat yang hidup pada saat dan menyaksikan turunnya wahyu, atau dari para
tabi’in yang menerima dan mendengar lamgsung dari para shahabat bagaimana,
dimana, dan peristiwa apa yang berkaitan dengan turunnya wahyu tersebut.
Mayoritas dalam menentukan Makkiyah dan Madaniyah itu didasarkan pada cara yang
pertama. Adapun penjelasan tentang penentuan itu telah banyak dituangkan dalam
beberapa kitab tafsir bil ma’tsur, kitab-kitab asbab an-nuzul dan
beberapa pembahasan tentang studi ilmu Al-Qur’an.
Namun demikian, dari
semua penjelasan diatas itu tidak dapat sedikit pun keterangan dari Rasulullah,
karena dalam menentukan Makkiyah dan Madaniyah itu bukanlah sebuah kewajiban,
kecuali dalam hal untuk mengetahui perbedaan mana ayat yang nasikh dan mana
ayat yang mansukh. Al-Qadhi Abu Bakar bin Ath-Thayyib Al-Baqillani dalam Al-Intishar
beliau menyatakan, “Pengetahuan tentang Makkiyah dan Madaniyah itu mengacu
pada hafalan para shahabat dan tabi’in. Tidak ada satu pun keterangan yang
dating dari Rasullah mengenai hal itu, karena beliau tidak diperintahkan untuk
itu, dan Allah tidak menjadikan ilmu pengetahuan itu sebagai kewajiban umat.
Bahkan sekalipun sebagian pengetahuannya dan pengetahuan mengenai sejarah
nasikh dan mansukh itu wajib bagi ahli ilmu, tetapi pengetahuan tersebut tidak
harus diperoleh melalui nash dari Rasulullah.[10]
Cara qiyasi ijtihadi didasarkan pada ciri-ciri
Makkiyah dan Madaniyah. Para ulama membuat kesimpulan analogis bagi keduanya,
yang dapat menjelaskan cirri khas gaya bahasa dan beberapa persoalan yang
dibicarakan oleh masing-masing ayat Makkiyah dan Madaniyah. Kemudian, lahirlah
kaidah-kaidah kunci untuk mendapatkan ciri-ciri tersebut.
Berikut ini
karakteristik secara umum yang menunjukkan ciri Makkiyah yaitu :
1.
Setiap surat yang didalamnya mengandung “ayat-ayat
sajdah”
2.
Setiap surat yang mengandung lafadz kalla, adalah
Makkiyah. Lafadz ini hanya terdapat dalam separo terakhir dari Al Qur’an. Dan
disebutkan sebanyak tiga puluh kali dalam lima belas surat.
3.
Setiap surat yang mengandung “ya ayyuhan-nas”
dan tidak mengandung “ya ayyuhal-ladzina amanu”, adalah Makkiyah,
kecuali Surat Al Hajj yang pada akhir suratnya terdapat “ya ayyuhal-ladzina
amanurka’u wasjudu”. Namun demikian, sebagian besar ulama berpendapat bahwa
ayat tersebut adalah ayat Makkiyah.
4.
Setiap surat yang mengandung kisah para nabi dan umat
terdahulu adalah Makkiyah, kecuali surat Al-Baqarah.
5.
Setiap surat yang mengandung kisah Adam dan Iblis
adalah Makkiyah, kecuali surat Al-Baqarah.
6.
Setiap surat yang dibuka dengan huruf-huruf muqatha’ah
atau hija’i, seperti Alif Lam Mim, Alif Lam Ra, Ha Mim, dan
lain-lainnya, adalah Makkiyah, kecuali surat Al-Baqarah dan Ali Imran. Adapun
surat Ar Ra’ad masih diperselisihkan.
Adapun dari segi ciri tema dan gaya
bahasanya, adalah sebagai berikut :
1.
Dakwah kepada tauhid dan beribadah hanya kepada Allah,
pembuktian mengenai risalah, kebangkitan dan hari pembalasan, hari kiamat dan
kedahsyatannya, neraka dan siksaannya, surge dan nikmatnya, argumentasi
terhadap orang musyrik dengan menggunakan bukti-bukti rasional dan ayat-ayat kauniyah.
2.
Peletakan dasar-dasar umum bagi perundang-undangan dan
akhlak yang mulia yang dijadikan dasar terbentuknya suatu masyarakat,
pengambilan sikap tegas terhadap kriminalitas orang-orang musyrik yang telah
banyak menumpahkan darah, memakan harta anak yatim secara zhalim, penguburan
hidup-hidup bayi perempuan dan tradisi buruk lainnya.
3.
Menyebutkan kisah para nabi dan umat-umat terdahulu
sebagai pelajaran, sehingga mengetahui nasib orang sebelum mereka yang
mendustakan rasul, sebagai hiburan bagi Rasulullah sehingga beliau tabah dalam
menghadapi gangguan mereka dan yakin akan menang.
4.
Kalimatnya singkat padat sebagai contoh
: juz “Tabarak” semua ayatnya Makki, dan jumlah ayatnya 431 ayat, juz “Amma”
juga semuanya Makki, jumlah ayatnya 570 ayat, demikian juga surat As-Syuara’
jumlah ayatnya sebanyak 227 ayat[11], disertai kata-kata yang mengesankan sekali,
ditelinga terasa menembus dan terdengar sangat keras, menggetarkan hati, dan
maknanya pun meyakinkan dengan didukung oleh lafadz-lafadz sumpah.
Karakteristik umum yang menunjukkan ciri
Madaniyah yaitu :
1.
Setiap surat yang berisi kewajiban atau sanksi hukum.
2.
Setiap surat yang didalamnya disebutkan orang-orang
munafik, kecuali surat Al-Ankabut. Ia adalah Makkiyah
3.
Setiap surat yang didalamnya terdapat dialog dengan
ahli kitab
Dari segi tema dan gaya bahasanya, adalah
sebagai berikut :
1. Menjelaskan masalah ibadah, muamalah, had,
kekeluargaan, warisan, jihad, , perang,
kaidah hukum, dan masalah perundang-undangan.
2. Seruan terhadap Ahli kitab dari kalangan
Yahudi dan Nasrani, dan ajakan kepada mereka untuk masuk Islam, penjelasan
mengenai penyimpangan mereka terhadap kitab-kitab Allah, permusuhan mereka
terhadap kebenaran dan perselisihan mereka setelah keterangan datang kepada
mereka karena rasa dengki di antara sesame mereka.
3. Menyingkap perilaku orang munafik,
menganalisis kejiwaannya, membuka kedoknya dan menjelaskan bahwa ia berbahaya
bagi agama.
4. Suku kata dan ayatnya panjang-panjang
sebagai contoh : juz “Qod Sami’a”, semua ayatnya madani, jumlah ayatnya 137
ayat, surat Al Anfaal yang jumlah ayatnya hanya 75 ayat[12] dan dengan gaya bahasa yang memantapkan
syariat serta menjelaskan tujuan dan syariatnya.[13]
Adapun pengetahuan tentang
Makkiyah dan Madaniyyah mempunyai beberapa faedah, antara lain :
1.
Untuk dijadikan alat bantu dalam
menafsirkan ayat-ayat Al Qur’an. Sebab pengetahuan tentang tempat turun ayat
dapat membantu memahami ayat tersebut dan menafsirkannya dengan penafsiran yang
benar, sekalipun yang menjadi pegangan adalah “pengertian umum lafadz, bukan
sebab yang khusus.
Berdasarkan hal
itu, oenafsir dapat membedakan antara ayat yang naskih (yang menghapuskan)
dengan yang mansukh (yang dihapuskan). Bila diantara kedua ayat terdapat makna
yang kontradiktif (berlawanan), maka yang datang kemudian tentu merupakan
nasikh atas yang terdahulu.
2.
Meresapi gaya bahasa yang
dipergunakan Al Qur’an dan memanfaatkannya dalam metode berdakwah menuju jalan
Allah, sebab setiap situasi mempunyai bahasa tersendiri. Memperhatikan apa yang
dikehendaki oleh situasi merupakan arti paling khusus dalam ilmu retorika.
Karakteristik
gaya bahasa Makkiyah dan Madaniyah dalam Al Qur’an pun memberikan kepada orang
yang mempelajarinya sebuah metode dalam penyampaian dakwah ke jalan Allah yang
sesuai dengan kejiwaan lawan berbicara dan menguasai pikiran, perasaan serta
mengatasi apa yang ada dalam dirinya dengan penuh kebijksanaan. Setiap tahapan
dakwah mempunyai topik dan pola penyampaian tersendiri. Pola penyampaian itu berbeda-beda,
sesuai dengan perbedaan tata cara , keyakinan dan kondisi lingkungan. Hal yang
demikian nampak dalam berbagai cara Al Qur’an menyeru berbagai golongan,
misalnya seruan terhadap orang-orang yang beriman, Musyrik, Munafik, dan ahli
kitab.
3.
Mengetahui sejarah hidup Nabi
melalui ayat-ayat Al Qur’an, turunnya wahyu kepada Rasulullah sejalan dengan
sejarah dakwah dengan segala peristiwanya, baik pada periode Makkah maupun
periode Madinah. Sejak permulaan turub wahyu hingga ayat yang terakhir
diturunkan, Al Qur’an adalah sumber pokok bagi
hidup Rasulullah. Pola hidup beliau harus sesuai dengan Al Qur’an, dan Al
Qur’an pun memberikan kata putus terhadap perbedaan riwayat yang mereka
riwayatkan[14]
Kesimpulan
Dari penelitian ini disimpulkan bahwa para Ulama samgat antusias untuk
menyelidiki surat-surat Makkiyah dan Madaniyah. Mereka meneliti Al-Qur’an ayat
demi ayat dan surat demi surat untuk dutertibkan sesuai dengan turunnya, dengan
memperhatikan waktu, tempat, dan pola kalimat. Cara demikian merupakan suatu
kecermatan yang memberikan kepada peneliti berupa gambaran mengenai kebenaran
ilmiah tentang ilmu Makkiyah dan Madaniyah. Itulah sikap para Ulama’ dalam
melakukan pembahasan-pembahasan terhadap Al-Qur’an terkhusus dalam hal Makkiyah
dan Madaniyah. Dengan demikian, merupakan satu kerja besar apabila seseorang
meneliti, menyelidiki turunnya wahyu Al-Qur’an dalam segala tahapannya,
mengkaji ayat-ayat, kapan dan dimana turunnya. Dengan bantuan tema surat atau
ayat, kemudian merumuskan kaidah-kaidah analogis terhadap struktur sebuah
seruan tersebut, apakah surat atau ayat itu termasuk Makkiyah atau Madaniyah,
ataukah termasuk pada tema-tema yang menjadi titik tolak dakwah di Makkah atau
di Madinah.
Daftar
Pustaka
Al-Qhattan, Syaikh Manna. 2004. Pengantar
Studi Ilmu Al-Qur’an. Kairo: Maktabah Wahbah
Al Utsaimin, Muhammad Bin Sholih, Ushul
Fi Tafsir, Darul Hikmah
Ash-Shiddieqy,
T.M.Hasbi. 1980. Sejarah Dan Pengantar Ilmu Al Qur’an / Tafsir . Jakarta
: Bulan Bintang
Chamimah, Nur.
1997. Skripsi Yang Berjudul “Urgensi Makki Dan Madani Bagi Kepentingan
Dakwah Islam”. Surabaya : Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Fakultas
Ushuluddin
Kholil,
Moenawar. 1985. Al-Qur’an Dari Masa Ke Masa. Surakarta : CV. Ramadhani
Mushaf
Al-Qur’an
Shohih Al
Bukhari. 2008. Kitabul Iman. Kairo : Darul Hadist
Yasir, Muhammad
dan Jamaluddin, Ade. 2016. Studi Al-Qur’an. Riau : Asa Riau
Catatan:
1.
Similarity
cukup besar, 40%.
2.
Referensinya
kok Cuma tujuh saja?
3.
Penulisan
footnote tolong diperbaiki, karena berbeda-beda.
4.
Penulisan
rujukan skripsi tidak seperti dalam tulisan ini.
5.
Penulisan gelar
(KH. Prof. Dr. Ustadz dll) harus dihilangkan.
6.
Setiap
keterangan yang diambil dari referensi, harus dicantumkan referensinya.
[1] Al-Qur’an
Surat Al Hijr Ayat 9
[2] Muhammad Yasir
dan Ade Jamaruddin, Studi Al-Qur’an, (Riau
: Asa Riau, 2016), hlm. 157
[3] Ibid,
hlm. 157
[4] Nur Chamimah, Skripsi
Yang Berjudul “Urgensi Makki Dan Madani Bagi Kepentingan Dakwah Islam”, (Surabaya
: Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Fakultas Ushuluddin, 1997), hlm. 9-11
[6] Shohih Al
Bukhori, Kitabul Iman, Nomor Hadist 45
[7] Mushaf
Al-Qur’an
[8] Prof.Dr.T.M.Hasbi
Ash-Shiddieqy, Sejarah Dan Pengantar Ilmu Al Qur’an / Tafsir, (Jakarta :
Bulan Bintang, 1980), hlm. 69
[9] Syaik Manna Al-Qaththan, Pengantar Ilmu Studi
Al-Qur’an, Kairo : Maktabah Wahbah 2004, Hlm 64
[11] K.H. Moenawar
Kholil, Al-Qur’an Dari Masa Ke Masa, (Surakarta : CV. Ramadhani, 1985),
hlm. 13
[12] Ibid, Hlm
12-13
[13] Syaik Manna Al-Qaththan, Pengantar Ilmu Studi
Al-Qur’an, Kairo : Maktabah Wahbah 2004, Hlm 75-77
Tidak ada komentar:
Posting Komentar