ASBAB AL-NUZUL
Kholida Firdausi Nuzula (15110161),
Nia Nur Azizah (15110093),
Fajar Mudzakkir Maulana (15110153)
PAI D Semester III
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
Malang
Abstract:
asbab an
idhafah-nuzul is a form of the word "asbab" and
"nuzul".Etymologically, asbab an-nuzul is the causes behind the occurrence of something.
asbab-nuzul an expression used specifically to state the reasons behind the decline of Al-Quran, as well as al-wurud asbab specifically used for the causes of hadith.
An examination of the events it nuzul, there are two kinds of Quranic verses, The first verses revealed without any relevance to the specific causes and specific events.
And usability asbab an-nuzul to show that the determination of the law has been through various judgment, to understand that verse down applies specifically, When the paragraph text public, and there are arguments devoting it, to assist in understanding the meaning of the verse, as well as to prevent abuse paragraph to personal goals.And in an-nuzul asbab help understand and cope with the uncertainties regarding the message in the verses of the Qur'an.
And some argue that the historicity of Arabia pre-Qur'an during the fall of the Qur'an is the background of macro quran, while narrations asbab an-nuzul a micro background.
asbab-nuzul an expression used specifically to state the reasons behind the decline of Al-Quran, as well as al-wurud asbab specifically used for the causes of hadith.
An examination of the events it nuzul, there are two kinds of Quranic verses, The first verses revealed without any relevance to the specific causes and specific events.
And usability asbab an-nuzul to show that the determination of the law has been through various judgment, to understand that verse down applies specifically, When the paragraph text public, and there are arguments devoting it, to assist in understanding the meaning of the verse, as well as to prevent abuse paragraph to personal goals.And in an-nuzul asbab help understand and cope with the uncertainties regarding the message in the verses of the Qur'an.
And some argue that the historicity of Arabia pre-Qur'an during the fall of the Qur'an is the background of macro quran, while narrations asbab an-nuzul a micro background.
Pendahuluan
Al-Quran bukanlah merupakan
sebuah buku dalam pengertian umum, karena ia tidak pernah di formulasikan,
tetapi di wahyukan secara berangsur-angsur kepada Nabi Muhammad SAW. Sesuai
situasi yang menuntunnya. Al-quran sendiri sangat menyadari kenyataan ini
sebagai sesuatu yang akan menimbulkan keusilan di kalangan oembantahnya. Qs
Al-furqon ayat 32. Seperti yang di yakini sampai sekarang, pewahyuan al-quran
secara total dan secara sekaligus itu tidak mungkin karena al-quran di turunkan
sebagai petunjuk bagi kaum muslimin secara berangsur-angsur sesuai dengan
kebutuhan-kebutuhan yang ada.
Sebagian dari tugas untuk
memahami pesan dari al-aquran sebagai dari suatu kesatuan adalah mempelajarinya
dan konteks latar belakangnya. Latara belakang yang paling tepat adalah
kegiatan dan perjuangan nabi yang berlangsung selama 23 tahundi bawah bimbingan
al-quran. Terhadap perjuangan nabi yang secara keseluruhan sudah terpapar dalam
sunnahnya kita perlu memamhaminya lingkungan pergaulan arab pada masa awal
penyebaran islam dalam konteks prespektif karena aktifitas nabi di dalamnya.
Oleh karena itu, adat istiadat, lembaga-lembaga serta pandangan hidup aktivitas
Nabi. Secara khusus, situasi Mekkah pra-Islam perlu di pahami secara mendalam.
Apabila tidak memahami masalah ini, kita tidak akan dapat memahami pesan
al-quran sebagai suatu keutuhan. Orang akan salah menangkap pesan-pesan
al-quran secara utuh, jika hanya memahami bahasanya saja, tanpa memahami
konteks historinya. Untuk dipahami secara utuh, al-quran harus di cerna dalam
konteks perjuangan nabi dan latar belakang pejuangannya. Oleh sebab itu, hampir
semua literatur yang berkenaan dengan al-quran menekankan pentingnya asbab
annuzul.[1]
1. Definisi Asbab Al-Nuzul
Ungkapan asbab an-nuzul merupakan bentuk idhafah
dari kata “asbab” dan “nuzul". Secara etimologi, asbab an-nuzul adalah
sebab-sebab yang melatarbelakangi terjadinya sesuatu. Meskipun segala fenomena
yang melatar belakangi terjadinya sesuatu dapat disebut asbab an-nuzul, dalam
pemakaiannya, ungkapan asbab an-nuzul khusus dipergunakan untuk menyatakan
sebab-sebab yang melatarbelakangi turunnya Al-Quran, seperti halnya asbab
al-wurud secara khusus digunakan bagi sebab-sebab terjadinya hadits. [2]
Dilihat dari aspek peristiwa nuzulnya, ayat
Alquran ada dua macam. Pertama ayat yang diturunkan tanpa ada keterkaitannya
dengan sebab tertentu, tapi semata karena hidayah bagi manusia. Kedua,
ayat-ayat Alquran yang diturunkan karena
adanya sebab atau peristiwa tertentu. Misalnya pertanyaan yang diajukan oleh
umat islam atau bukan muslim kepada Rasulullah Saw. Atau adanya kasus tertentu
yang memerlukan jawaban sebagai sikap syariat islam terhadaptau adanya kasus
tertentu yang memerlukan jawaban sebagai sikap syariat islam terhadaptau adanya
kasus tertentu yang memerlukan jawaban sebagai sikap syariat islam terhadap
kasus tersebut. Ayat-ayat macam inilah yang dibahas dalam kaitannya dengan
pembicaraan Asbab Al-Nuzul.
Para
ulama ahli Ulum Alquran, misalnya Syekh Abdu Al- Adhim Al-Zarqani, dalam
Manahil Al-Irfan mendefinisikan asbab al-nuzul atau sebab nuzul sebagai kasus
atau sesuatu yang terjadi yang ada hubungannya dengan turunnya ayat, atau
ayat-ayat Alquran sebagai penjelasan hukum pada saat terjadinya kasus.
Kasus
yang dimaksud dalam definisi di atas, tentu saja terjadi pada jaman Rasulullah
Saw. Demikian juga pertanyaan –pertanyaan yang diajukan setelah terjadinya
kasus tertentu atau pertanyaan tertentu yang diajukan kepada Rasulullah Saw.
Kemudian turun satu atau beberapa ayat
Alquran yang menjelaskan hukum kasus tersebut atau menjawab pertanyaan
yang diajukan kepada Rasulullah Saw. Hakikatnya Rasulullah hanyalah pembawa
risalah, beliau tidak memegang otoritas umtuk menetapkan suatu hukum syariat.
Hukum itu sendiri datang dari Allah Swt. Melalui wahyu yang dibawa oleh
malaikat Jibril.[3]
Ada tiga definisi yang
dikemukakan oleh ahli tafsir tentang Asbabun Nuzul:
1. Menurut Az-Zarqoni, Asbabun
Nuzul adalah khusu atau sesuatu yang terjadi serta hubungan dengan turunnya
ayat Al-Quran yang berfungsi sebagai penjelas hukum pada saat peristiwa itu
terjadi.
2. Peristiwa-peristiwa pada
masa ayat Alquran diturunkan (yaitu dalam waktu 23 tahun), baik peristiwa itu
terjadi sebelum atau sesudah ayat itu diturunkan.
3. Peristiwa yang dicakup oleh
suatu ayat, baik pada waktu 23 tahun itu maupun yang terjadi sebelum atau
sesudahnya. Ini sesuai dengan definisi yang dikemukakan oleh Subhi Sholeh yang
berbunyi:
مانزلت الاية اوالايات بسببه متضمنة له اومجيبة عنه اومبينة
لحكمه زمن وقوعه
“Sesuatu yang dengan
sebabnya turun suatu ayat atau beberapa ayat yang mengandung sebab itu, atau
menerangkan hukumnya pada masa terjadinya sebab tersebaut.”
Pengertian
ketiga ini memberikan indikasi bahwa sebab turunnya suatu ayat adakalanya
berbentuk peristiwa dan adakalanya berbentuk pertanyaan. Satu ayat atau
beberapa ayat yang turun untuk menerangkan hal yang berhubungan dengan
peristiwa tertentu atau memberi jawaban terhadap pertanyaan tertentu. Dalam hal
ini termasuk pendapat Al-Wahidi, yang menyatakan bahwa latar belakang turunnya
surah Al-Fiil adalah kisah penyerbuan ka’bah oleh Raja Habasyah (Abrahah).
Sebab
turun ayat dalam bentuk peristiwa ini ada tiga macam yaitu:
1. Disebabkan peristiwa
pertengkaran. Contoh peristiwa ini adalah perselisihan yang berkecamuk antara
suku Aus dengan suku Khazraj. Perselisihan tersebut muncul dari intrik-intrik
yang dihenbuskan oleh kelompok Yahudi sehingga mereka berteriak: senjata!
Senjata! (perang! Perang!). peristiwa tersebut menyebabkan turunnya ayat 100
surah Ali Imron:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تُطِيعُوا فَرِيقًا مِنَ الَّذِينَ
أُوتُوا الْكِتَابَ يَرُدُّوكُمْ بَعْدَ إِيمَانِكُمْ كَافِرِينَ
Artinya:
“Hai orang-orang yang
beriman, jika kamu mengikuti sebagian dari orang-orang yang diberi al-kitab,
niscaya mereka akan mengembalikan kamu menjadi orang kafir.”
Ayat
tersebut dilanjutkan samapai beberapa ayat sesudahnya. Hal ini merupakan cara
terbaik untuk menjauhkan orang dari perselisihan dan merangsang orang untuk
berkasih sayang satu dengan yang lainnya, memiliki rasa persaudaraan yang
tinggi dan kekompakan atau kesepakatan yang kuat.
2. Disebabkan peristiwa
kesalahan yang serius. Contoh, seorang yang menjadi imam dalam shalat dan orang
tersebut dalam keadaan mabuk. Sehingga orang tersebut salah membaca surah
Al-Kafirun, dia membacanya dalam shalat:
أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ. قُلْ يَٰٓأَيُّهَا
ٱلْكَٰفِرُونَ
Imam tersebut tidak
menggunakan kata لا ketika membaca لا اعبد Peristiwa tersebut menyebabkan turunnya surah
An-Nisa’ ayat 42 yang melarang orang mengerjakan shalat ketika mabuk. Ayat
tersebut berbunyi:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا
تَقْرَبُوا الصَّلاةَ وَأَنْتُمْ سُكَارَى حَتَّى تَعْلَمُوا مَا تَقُولُونَ
Artinya:
“Hai orang-orang yang
beriman, janganlah kamu menghapiri (mengerjakan) shalat sedang kamu dalam keadaan
mabuk sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan.”
- Disebabkan adanya cita-cita dan keinginan. Contoh, sejarah mencatat ada beberapa ucapan yang ingin diucapkan oleh Umar al-Khattab, tapi dia tidak berani, kemudian turun ayat misalnya yang diinginkan oleh Umar, ayat 14 dalam surah Al Mukminun yang berbunyi:
فَتَبَارَكَ اللَّهُ
أَحْسَنُ الْخَالِقِين
أَحْسَنُ الْخَالِقِين
Contoh lain adalah
menjadikan maqam Ibrahim sebagai tempat shalat ayat tersebut berbunyi:
واتخدوامن مقام ابراهيم مصلى
Artinya:
Untuk mengetahui Asbabun
Nuzul haruslah berdasarkan periwayat yang shahih, sebab berdasarakan
periwayatan yang shahih dapat diketahui latar belakang turunnya ayat. Untuk itu
periwayatan Asbabun Nuzul yang diriwayatkan berdasarkan hadis mursal tidak
dapat diterima, kecuali apabila diperkuat oleh hadis mursal yang lain yang
rawinya belajar dari sahabat, seperti Mujahid,bIkrimah, Said bin Zubair. [4]
- KEGUNAAN MEMPELAJARI ASBABUN NUZUL
A.
Untuk menunjukkan bahwa dalam
penetapan hukum sudah melalui berbagai pertimbangn, termasuk masalah-masalah
yang dihadapi oleh perorangan.
B.
Untuk memahami bahwa ayat yang
turun berlaku khusus, bagi yang berpegang pada kaidah:
العبرة بخصوص السبب
لابعموم اللفظ
Artinya:
Yang menjadi pegangan adalah sebab yang khusus, bukan
keumuman teksnya.
Misalnya seperti ayat:
لَا
تَحْسَبَنَّ الَّذِينَ يَفْرَحُونَ بِمَا أَتَوْا وَيُحِبُّونَ أَنْ يُحْمَدُوا
بِمَا لَمْ يَفْعَلُوا فَلَا تَحْسَبَنَّهُمْ بِمَفَازَةٍ مِنَ الْعَذَابِ
وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ
Artinya:
“Jangan sekali-kali kamu mengira bahwa orang yang gembira
dengan apa yang mereka kerjakan dan mereka suka dipuji atas perbuatan yang
tidak mereka lakukan, jangan sekali-kali kamu mengira bahwa mereka akan lolos
dari ahzab. Mereka akan mendapat azab yang pedih” (Q.S Ali Imron/3: 188).
Ayat itu pernah membingungkan Marwan,
Gubernur Mu’awiyyah di Hijaz. Ia bingung karena siapa yang tidak gembira dengan
apa yang ia lakukan dan tidak ingin dipuji, karena ia manusia akan masuk
neraka. Ia memerintahkan seorang pembantunya bertanya kepada Ibnu ‘Abbas,
kemudian Ibnu ‘Abbas menjawab (ayat 187), yaitu bahwa nabi Muhammad pernah
bertanyakepada mereka mengenai sesuatu. Mereka menjawabnya dengan sesuatu yang
tidak sebenarnya, tetapi mereka merasa sudah berjasa kepada Nabi SAW dan minta
dipuji. Ayat itu menegaskan bahwa mereka masuk neraka. Dengan demikian, ayat
188 itu berlaku khusus, yaitu hanya bagi ahli kitab tersebut, tetapi itu bagi
yang berpegang pada kaidah diatas. Orang yang tidak berpegang pada kaidah itu
tetap berpendapat bahwa ayat itu berlaku umum.
C.
Bila teks ayat umum, dan terdapat
dalil yang mengkhususkannya, maka sebab turunnya ayat diterapkan pada bentuk
yang bukan bentuk dalil itu.
Misal ayat:
إِنَّ الَّذِينَ
يَرْمُونَ الْمُحْصَنَاتِ الْغَافِلاتِ الْمُؤْمِنَاتِ لُعِنُوا فِي الدُّنْيَا
وَالآخِرَةِ وَلَهُمْ عَذَابٌ عَظِيمٌ (٢٣) يَوْمَ تَشْهَدُ عَلَيْهِمْ
أَلْسِنَتُهُمْ وَأَيْدِيهِمْ وَأَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ (٢٤)
يَوْمَئِذٍ يُوَفِّيهِمُ اللَّهُ دِينَهُمُ الْحَقَّ وَيَعْلَمُونَ أَنَّ اللَّهَ
هُوَ الْحَقُّ الْمُبِينُ (٢٥
Artinya:
“Sungguh, orang-orang yang menuduh perempuan-perempuan baik.
Yang lengah dan beriman (dengan tuduhan berzinah), mereka dilaknat di dunia dan
di akhirat, dan mereka akan mendapat azab yang besar, pada hari ketika lidah,
tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu
mereka kerjakan. Pada hari itu Allah menyempurnakan balasan yang sebenarnya
bagi mereka, dan mereka tahu bahwa Allah maha besar, maha menjelaskan” (Q.S
An-Nur/24: 23-25)
Ayat ini umum, siapa yang menuduh
perempuan-perempuan baik berzinah, ia akan dilknat di dunia dan di akhirat.
Berarti tobat orang itu tidak diterima. Tetapi ayat ini turun khusus berkenaan
dengan orang yang menuduh Ummul-Mukminin, ‘Aisyah dan istri-istri Rasulullah
lainnya, menurut satu pendapat.
Terdapat ayat lain, yaitu:
وَالَّذِينَ يَرْمُونَ
الْمُحْصَنَاتِ ثُمَّ لَمْ يَأْتُوا بِأَرْبَعَةِ شُهَدَاءَ فَاجْلِدُوهُمْ
ثَمَانِينَ جَلْدَةً وَلا تَقْبَلُوا لَهُمْ شَهَادَةً أَبَدًا وَأُولَئِكَ هُمُ
الْفَاسِقُونَ (٤) إِلا الَّذِينَ تَابُوا مِنْ بَعْدِ ذَلِكَ وَأَصْلَحُوا
فَإِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ (٥
Artinya:
“Dan orang-orang yang menuduh perempuan-perempuan yang baik
(berzinah) dan mereka tidak mendatangkan empat orang saksi, maka deralah mereka
delapan kali.dan janganlah kamu terima kesaksian mereka untuk selama-lamanya.
Mereka itulah orang-orang yang jasik, kecuali mereka orang yang bertaubat
setelah itu dan memperbaiki dirinya. Maka sesungguhnya Allah maha pengampun,
maha penyayang.” (Q.S An-Nur/24: 4-5)
Dalam ayat ini taubat orang yang
menuduh diterima, berarti ayat ini adalah dalil untuk mengkhususkan
(menyempitkan pengertian) ayat 23-25 diatas. Tetapi, ayat ini tidak bisa
diberlakukan pada ayat 23-25 itu, dikarenkan sebab turun ayat itu jelas (qal’i)
berkenaan dengan orang yang menuduh Aisyah, memberlakukan ayt yang umum itu
untuk khusus, yaitu untuk Aisyah saja. Dengan demikian, orang yng menuduh
Aisyah tidak diterima taubatnya, sedangkan orang menuduh perempuan baik-baik
selain Aisyah diterima tobatnya.
D. Untuk
membantu dalam memahami makna ayat.
Misalnya mengenai surat Ali Imran/3:
188 di atas, yang membuat Marwan bingung
atu mengenai ayat:
إِنَّ الصَّفَا
وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ ۖ فَمَنْ حَجَّ الْبَيْتَ أَوِ اعْتَمَرَ
فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِ أَنْ يَطَّوَّفَ بِهِمَا ۚ وَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا
فَإِنَّ اللَّهَ شَاكِرٌ عَلِيمٌ
Artinya:
Sesungguhnya Safa dan Mrwah merupakan sebagian syi’ar
(agama) Allah maka barang siapa beribadah haji ke Baitullah atau berumrah,
tidak ada dosa baginya mengerjakan sa’i antara keduanya. Dan barang siapa
dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan. Maka Allah mensyukuri. Maha
mengetahui. (Q.S Al-Baqarah/2: 158)
Ada sahabat yang memahami dari ayat itu
bahwa sa’i antara Safa dan Marwa dalam ibadat haji itu tidak wajib, karena
ungkapan ayat itu adalah, “tidak ada dosa”. Hal itu dibantah oleh Aisyah dengan
sebab turun ayat itu, yaitu bahwa orang-orang pada zaman jahiliyah memulai sa’i
dengan mengusap patung yang bernama isaf yang mereka letakkan di Safa, dan
mengusap patung bernama Na’ila yang mereka letakkan di Marwah. Dalam zaman
Islam para sahabat merasa berdosa mengerjakan sa’i itu karena kebiasaan orang
jahiliyah tersebut. Maka turunlah ayat yang menyatkan “tidak ada dosa” itu,
tetapi maksudnya “wajib”.
E.
Untuk menghindari penyalahgunaan
ayat untuk tujuan pribadi.
Contoh ayat:
وَالَّذِي قَالَ لِوَالِدَيْهِ أُفٍّ لَكُمَا أَتَعِدَانِنِي أَنْ
أُخْرَجَ وَقَدْ خَلَتِ الْقُرُونُ مِنْ قَبْلِي وَهُمَا يَسْتَغِيثَانِ اللَّهَ
وَيْلَكَ آمِنْ إِنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقٌّ فَيَقُولُ مَا هَٰذَا إِلَّا
أَسَاطِيرُ الْأَوَّلِين
Artinya:
“Dan orang yang berkata kepada kedua orang tuannya:”ahh”,
apakah kamu berdua memperingatkan kepadaku bahwa aku akan dibangkitkan (dari
kubur), padahal beberapa umat sebelumku telah berlalu? Lalu kedua orang tuanya
itu memohon pertolongan kepada Allah (seraya berkata). “celaka kamu,
berimanlah! Sungguh, janji Allah itu benar.” Lalu dia (anak itu) berkata: “ini
hanyalah dongeng orang-orang dahulu.” (Q.S Ahqaf/46: 17)
Dalam ayat ini dijelaskan bahwa orang
yang berdurhaka kepada orang tuanya akan masuk neraka. Ayat itu digunakan aleh
Marwan, Gubernur Mu’awiyah di Hijaz, untuk menangkap Abdurrohman bin Abu Bakar
As-Siddiq, karena ia tidak mau membaiat Yazid putra Mu’awiyah yang diangkat
oleh ayahnya itu untuk menggantikannya sebagai khalifah. Abdurrohman lari ke
rumah Aisyah. Waktu Marwan hendak menangkapnya, Aisyah menjelaskan bahwa makna
ayat itu tidak seperti yang dipahami Marwan, oleh karena itu, ia benar-benar
mengetahui bahwa ayat itu turun berkenaan dengan siapa? [5]
- Asbab an-Nuzul Mikro dan Makro
Asbabun- Nuzul Secara Mikro
Riwayat yang disampaikan Ibn Abi Khatim dan Al-Adni dari Ibn Abi Najih
yang bersumber dari Mujahid menyatakan bahwa Salman bertanya kepada Nabi saw.
Tentang penganut agama yang pernah ia anut bersama mereka. Ia terangkan cara
shalat dan ibadahnya. Maka turunlah ayat 62 surah Al-Baqarah ini sebagai
penegasan bahwa orang yang beriman kepada Allah, hari akhir dan berbuat baik
akan mendapat pahala dari Allah.
Riwayat
yang disampaikan oleh Al-Walid dari Abdullah bin Katsir yang bersumber
dari Mujahid menyatakan bahwa ketika Salman menceritakan kepada Rasulullah saw.
Kisah teman-temannya, maka Nabi menjawab “mereka di neraka”. Salman berkata
“seolah-olah dunia ini gelap gulita bagiku”. Akan tetapi setelah turun ayat ini
(Qs. 2:62) “dunia ini seolah- olah terang benderang bagiku”.
لَيْسَ عَلَى الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا
الصَّالِحَاتِ جُنَاحٌ فِيمَا طَعِمُوا إِذَا مَا اتَّقَوْا وَآمَنُوا وَعَمِلُوا
الصَّالِحَاتِ ثُمَّ اتَّقَوْا وَآمَنُوا ثُمَّ اتَّقَوْا وَأَحْسَنُوا وَاللَّهُ
يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ (٩٣
Artinya:
Tidak ada dosa bagi orang-orang yang beriman dan mengerjakan
amalan yang shaleh karena memakan makanan yang telah mereka makan dahulu,
apabila mereka bertakwa serta beriman, dengan mengerjakan amalan-amalan yang
shaleh, kemudian mereka (tetap juga) bertakwa dan berbuat kebajikan. Dan Allah
menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. (Qs. Al Maidah 93)
Dan adapun
Asbabun Nuzul dari ayat di atas adalah riwayat yang disampaikan oleh Imam Ahmad
yang bersumber dari Abu Hurairah, ia menanyakan kepada Nabi tentang nasib
orang-orang yang gugur di jalan Allah, dan yang mati di atas kasur padahal
mereka peminum arak dan makan dari hasil judi, dan Allah telah menetapkan bahwa
kedua hal tersebut termasuk perbuatan syaitan yang keji. Lalu Allah menurunkan
ayat 93 dari Surah Al-Maidah ini yang menjawab pertanyaan mereka, dan ayat itu
disampaikan oleh Nabi kepada mereka.[6]
Asbabun An-nuzul secara Makro:
Terdapat sebagian pendapat bahwa kesejarahan Arabia
pra-Qur’an pada masa turunnya Al-Qur’an merupakan latar belakang makro.
Misalnya:
Q.S
Al-Midah ayat ke-4 :
يَسْأَلُونَكَ مَاذَا أُحِلَّ لَهُمْ قُلْ أُحِلَّ
لَكُمُ الطَّيِّبَاتُ وَمَا عَلَّمْتُمْ مِنَ الْجَوَارِحِ مُكَلِّبِينَ
تُعَلِّمُونَهُنَّ مِمَّا عَلَّمَكُمُ اللَّهُ فَكُلُوا مِمَّا أَمْسَكْنَ
عَلَيْكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَيْهِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ
سَرِيعُ الْحِسَابِ (٤
Artinya:
mereka menanyakan kepadamu: “Apakah yang dihalalkan bagi
mereka?”. Katakanlah: “Dihalalkan bagimu yang baik-baik dan (buruan yang
ditangkap) oleh binatang buas yang telah kamu ajar dengan melatihnya untuk
berburu, kamu mengajarnya menurut apa yang telah diajarkan Allah kepadamu. Maka
makanlah dari apa yang ditangkapnya untukmu, dan sebutlah nama Allah atas
binatang buas itu (waktu melepasnya). Dan bertakwalah kepada Allah, sesunggunya
Allah amat cepat hisab-Nya.”
Asbabun-Nuzul
(HR. Thabrani, Hakim, Baihaqi dan yang
lain dari Abi Rafi’).
Pada suatu waktu Malaikat Jibril datang
kepada Rasulullah SAW dan meminta izin untuk masuk ke rumah. Rasulullah SAW
memberikan izin. Tetapi Malaikat Jibril lambat sekali memasuki rumah beliau,
sehingga beliau menanti-nanti, sehingga beliau keluar. Ketika itu didapati
Malaikat berdiri tegak di depan pintu. Rasulullah SAW menyapanya, dan
berkatalah Malaikat Jibril: “Aku telah meminta izin kepadamu untuk masuk ke
rumah.” Rasulullah SAW membenarkan Malaikat Jibril. Kemudian Jibril berkata:
“Aku tidak akan masuk ke dalam rumah yang di dalamnya ada gambar makhluk hidup
yang utuh (mungkin hidup) dan ada anjingnya.” Sesudah itu Rasulullah SAW
meneliti rumah-rumah para sahabat. Ternyata sebagian dari rumah mereka terdapat
anjing. Oleh karena itu Rasulullah SAW memerintahkan kepada Abi Rafi’ untuk
membunuh anjing-anjing yang ada di kota Madinah. Setelah anjing-anjing yang ada
di kota Madinah dibunuh, maka para sahabat datang menghadap Rasulullah SAW
seraya mengajukan pertanyaan: “wahai Rasulullah, apakah yang dihalalkan bagi
kami dari hewan-hewan yang engkau perintahkan untuk membunuhnya?” sehubungan
dengan itu maka Allah menurunkan ayat ke-4 dari surat Al-Maidah sebagai
penjelasan tentang makanan yang halal dimakan, yaitu yang baik menurut
ketentuan ajaran syariat Islam.
Q.S Al-Maidah ayat ke-6
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى
الصَّلاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا
بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا
فَاطَّهَّرُوا وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَى أَوْ عَلَى سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ
مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً
فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ
مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَكِنْ يُرِيدُ
لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ (٦
Artinya:
Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak
mengerjakan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan
sapulah kepalamu dan
(basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilh, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (suci), sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.
(basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilh, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (suci), sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.
Asbabun-Nuzul
(HR. Bukhari dari Amrin bin Harits dari
Abdirrahman bin Qasim dari ayahnya dari aisyah binti Abu Bakar)
Pada suatu waktu kalung milik Dewi
Aisyah jatuh dan hilang di Baida ketika mengadakan perjalanan pulang ke
Madinah. Rasulullah SAW menghentikan kendaraannya, kemudian ikut turun untuk
ikut mencari kalung tersebut. Sesaat kemudian Rasulullah SAW beristirahat, dan
tertidur dipangkuan Aisyah. Abu Bakar datang kepada Aisyah dan menampar
keras-keras seraya berkata: “kamu yang menahan ummat manusia yang sedang
kehabisan air hanya karena sebuah kalung!. Kemudian Rasulullah SAW terbangun,
dan waktu melakukan sholat shubuh telah tiba. Kemudian beliau mencari air untuk
berwudhu, tetapi tidak didapati. Sehubugan dengan itu Allah SWT. Menurunkan
QS.Al-Maidah ayat ke-6, yang dengan tegas memberikan keterangan tentang
wajibnya berwudhu atau bertayamum sebagai ganti wudhu apabila akan mendirikan
sholat. Selanjutnya Usaid Bin Hudhair berkata: “semoga Allah SWT mencurahkan
rahmat kepada seluruh ummat manusia lantaran keluarga Abu Bakar.”
QS.Al-Maidah ayat ke-19
يَا أَهْلَ
الْكِتَابِ قَدْ جَاءَكُمْ رَسُولُنَا يُبَيِّنُ لَكُمْ عَلَىٰ فَتْرَةٍ مِنَ
الرُّسُلِ أَنْ تَقُولُوا مَا جَاءَنَا مِنْ بَشِيرٍ وَلَا نَذِيرٍ ۖ فَقَدْ
جَاءَكُمْ بَشِيرٌ وَنَذِيرٌ ۗ وَاللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
Artinya:
“Hai para ahli kitab, sesungguhnya telah datang kepada kamu
Rasul kami, menjelaskan (syari’at kami) kepadamu ketika terputus (pengiriman)
Rasul-rasul, agar kamu tidak mengatakan: “tidak akan datang kepada kami baik
seorang membawa berita gembira maupun berita tentang peringatan.” Sesungguhnya
telah datang kepadamu pembawa berita gembira dan pemberi peringatan. Allah maha
kuasa atas segala sesuatu.
Asbabun-Nuzul
(HR. Ibnu Ishak dari Ibnu Abbas).
Pada suatu waktu Rasulullah SAW
mengadakan bahwa kepada orang-orang Yahudi agar mereka memeluk agama islam.
Tetapi mereka menolak ajakan Rasulullah SAW. Dalam kesempatan itu Mu’adz bin
Jabal dan Sa’ad bin Ubadah dari kalangan sahabat Anshar berkata kepada
orang-orang Yahudi: “wahai orang-orang Yahudi, bertakwalah kepada Allah,
sesungguhnya kamu mengetahui bahwa sesungguhnya Muhammad adalah seorang utusan
Allah. Sebab kamu pada zaman dahulu pernah menerangkan tentang sifat-sifat
beliau sebelum diutus menjadi seorang utusan. Dan sifat-sifat itupun kini cocok
dengan apa yang dimiliki oleh Muhammad SAW. Rafi’ bin Huraimalah dan wahab bin
Yahudza berkata: kami tidak pernah menerangkan
seperti apa yang kamu kemukakan itu. Allah tidak akan menurunkan kitab
lagi setelah nabi Mus, dan tidak lagi mengutus seorang utusanpun yang bertugas
untuk memberi kabar gembira dan peringatan sesudah Musa.” Sehubungan dengan
jawaban orang-orang Yahudi itu Allah SWT menurunkan QS.Al-Maidah ayat ke-19
sebagai ketegasan terhadap mereka, dan memberikan teguran terhadap mereka yang
tidak mengakui adanya rasul terakhir, yaitu Muhammad bin Abdillah, dan
memungkiri ayat-ayat yang dibawah olehnya. [7]
Kesimpulan
Dapat disimpulkan bahwa yang disebut asbab an-nuzul adalah kejadian atau
peristiwa yang melatarbelakangi turunnya ayat Al-Qur’an, dalam rangka menjawab,
menjelaskan, dan menyelesaikan masalah-masalah yang timbul dari kejadian
tersebut. Asbab an-nuzul merupakan
bahan sejarah yang dapat dipakai untuk memberikan keterangan terhadap turunnya
ayat Al-Qur’an dan membinya konteks dalam memahami perintah-perintahnya. Sudah
tentu bahan-bahan sejarah ini hanya melingkupi peristiwa pada masa Al-Qur’an
masih turun (‘ashr at-tanzil). Dan
bentuk-bentuk peristiwa yang melatarbelakangi turunnya Al-Qur’an itu sangat
beragam, diantaranya berupa konflik sosial.
DAFTAR RUJUKAN
Rashion
Anwar.2000,Ulumul Qur’an, Bandung,CV PUSTAKA SETIA.
Sumbulah Umi DKK, 2014 , Studi Al-qur’an dan hadist, Malang,
UIN MALIKI PRESS.
Anwar Abu, 2002 ulumul Qur’an, Jakarta, AMZAH.
Menteri
agama dan menteri P dan K, 2008, Mukadimah Al-qur’an dan Tafsirnya,
DEPARTEMEN AGAMA.
Mahili A.Mujab, 1989, asbabun nuzul studi pendalaman
al-qur’an, Jakarta, CV.Rajawali.
Revisi:
1.
Tidak ditemukan indikasi copy-paste.
2. Abstrak tolong diperbaiki
dan diberikan keywords.
3. Dalam tulisan ilmiah,
penulisan gelar (Prof., Dr., Ustadz, dll) tidak perlu dicantumkan.
4. Tolong dipelajari lagi cara
penulisan footnote.
5. Anda belum paham mengenai
asbab al-nuzul makro, jadi tolong dipelajari lagi dan tuliskan dalam makalah.
6. Makalah ini kurang
diberikan analisis dan sepertinya hanya sekedar dicantumkan begitu saja. Tolong
berikan keterangan lebih atas apa yang telah ditulis.
[1] Drs. Rasihon Anwar, M.Ag. Ulumul
Qur’an, Bandung, 2000, CV PUSTAKA SETIA, hlm.59
[2] Drs. Rasihon Anwar, M.Ag. Ulumul Qur’an, Bandung, 2000, CV
PUSTAKA SETIA, hlm.60
[3] Dr. Hj. Umi Sumbulah, M.Ag, Ahmad Kholil, M. Fil.I, dan Dr. H.
Nasrullah, M.Th.I, Studi Al-qur’an dan hadist, Malang, 2014, UIN MALIKI
PRESS, hlm. 163-164
[4] Drs. Abu Anwar, M.ag, ulumul Qur’an, Jakarta, 2002, AMZAH,
hlm.29-31
[5] Menteri agama dan menteri P dan K, Mukadimah Al-qur’an dan
Tafsirnya, 2008, DEPARTEMEN AGAMA, hlm.234-237
[6] Drs. Abu Anwar, M.ag, ulumul Qur’an, Jakarta, 2002, AMZAH,
hlm.36-37
[7] A.Mudjab Mahali, asbabun nuzul studi pendalaman al-qur’an, Jakarta,
1989, CV.Rajawali. hlm.6-17
Tidak ada komentar:
Posting Komentar